Bagaimana menginstal kartu jaringan antarmuka (NIC)

Rabu, 04 Juli 2012
Ketika menginstall NIC di komputer Anda hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa Anda telah membeli NIC dengan benar. Ini berarti bahwa NIC kompatibel dengan motherboard Anda dan juga bahwa Anda memiliki slot yang tersedia di motherboard yang untuk memasukkan NIC Anda.

1. Langkah awalnya adalah pastikan anda membaca dokumentasi yang menyertai   NIC anda.Perhatikan peringatan dan tips yang ada.Setelah memahami dokumentasi NIC anda maka matikan PC dan cabut dari sumber tenaga..

2. Pastikan anda tetap mempertahankan NIC di atas slot dengan memperhatikan cara memasukkannya.Dan pastikan bahwa NIC menancap dengan benar pada slot.Hal ini diperlukan agar NIC benar-benar aman.

3. Kemudian tancapkan computer ke sumber tenaga.Llau, pasang salah satu ujung kabel Ethernet ke dalam jack RJ-45 dan ke router lain/modem.Ini berarti installasi perangkat lunak telah selesai.

4. Repower mesin akan menemukan wizard hardware baru sendiri.Dan saat akan menginstall driver jika anda ditanya dimana anda ingin menginstall driver pilihlah drive CD anda.Namun jika tidak diminta untuk memilih, maka Windows akan menginstall versi sendiri dari driver segera setelah install ke device manager dan up date driver untuk memilih memperbarui menggunakan software C anda.

5.Setelah semua proses selesai maka masuklah ke device manager dan klik kanan pada NIC anda yang telah terinstall.Ingat jika menghubungkan PC anda ke LAN, maka harus mengekonfigurasi Sistem Operasi.

 

Langkah-Langkah Install NIC Card / Kartu Jaringan


Pada Microsoft Windows Professional

1. Start
2. My computer, klik kanan properties

 3. Pilih hardware, kemudian device manager
 4. akan tampil window device manager, pilih network adapter
 5. pilih 1394 net adapter
 Control panel adalah sebuah media yang biasa dipakai untuk menginstal/uninstal hardware, software dan konfigurasi system,

·       Langkah instalasi:
-- masuk menu control panel caranya: klik start>control panel
-- setelah itu klik pada Add New Hardware
-- sebelum kita melanjutkan pada langkah selanjutnya, pastikan dahulu tidak ada program lain yang berjalan
-- klik Next untuk memulai instalasi driver NIC. “windows secara otomatis akan mencari device ‘plug and play’ yang baru kita pasangkan
-- bila divice tsb “plug and play” cocok, maka akan terdeteksi dan akan muncul pada layar, klik next
-- uuntuk menentukan lokasi driver dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: 1. secara otomatis, jadi dengan cara ini windows lah yang akan mencari driver yang dibutuhkan. 2. manual, cara ini dianjurkan jika kita sudah tahu lokasi driver yang diperlukan, karena dengan cara ini kita lah sebagai pengguna yang menetukan dimana lokasi driver tersebut. Dari kedua cara tersebut saya menyarankan menggunakan cara yang pertama selain lebih mudah, juga bisa mengurangi prosentasi kegagalan.
-- klik next, windows akan menentukan lokasi (drive) dimana driver tersebut ada, di C,D,E di cd-rom ataupun di floppy disk
-- bila best driver tersebut telah ditemukan maka widows langsung menginstalkan driver tersebut, dan proses instalasi selesai.
-- bila device tersebut non “plug and play” maka ada dua pilihan, pertama biarkan windows mencari sendiri atau kita sendiri yang memilih dari list yang disediakan kita pilih pilihan yang kedua. Klik next>next lagi>lalu tentukan jenis device>next>tentukan pabrik pembuat device tersebut, jika anda memiliki driver installer nya, langsung aja klik “have disk”
-- proses selanjutnya sama seperti pada menginstal device “plug and play


terima kasi poliii

0 Komentar Anda:

Poskan Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda

Add me Thezeonav

Add me Thezeonav

Data Pengunjung

Add me Thezeonav

Add me Thezeonav

add me thezeonav

add me thezeonav

  © Blogger templates David sang Thezeonav by Belajar dan berbagi 2012